Ibnu Abdillah, S.Pd, B.A, seorang guru, membagikan pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning. Dalam diklat ini, Ibnu mendapatkan wawasan baru mengenai pentingnya pendidikan yang tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga memberikan pengalaman yang bermakna dan berbekas pada diri siswa.
Bagi Ibnu, pendidikan seharusnya lebih dari sekadar proses mendidik, tetapi juga harus mampu memberi dampak yang mendalam bagi perkembangan pribadi siswa. Dengan pendekatan deep learning, siswa tidak hanya sekadar mengingat materi pelajaran, tetapi juga dapat merasakan nilai dan manfaat dari pembelajaran yang mereka terima, yang dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih berdampak dan relevan dengan kebutuhan mereka.
Namun, selama mengikuti diklat ini, Ibnu menghadapi beberapa kendala teknis, seperti kesulitan menghubungi panitia diklat dan kesulitan dalam mengakses presensi. Meskipun demikian, ia tetap merasa bahwa perubahan terbesar yang dirasakan adalah perubahan dalam mindset kependidikan. Diklat ini membantunya untuk melihat pendidikan dengan perspektif yang lebih luas, yaitu bukan hanya sebagai aktivitas pengajaran, tetapi juga sebagai upaya untuk membentuk karakter dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada siswa.
Ibnu merasa lebih siap untuk menerapkan konsep deep learning dalam pembelajarannya dan berharap dapat mengimplementasikan pendekatan yang lebih bermakna untuk membantu siswa berkembang secara maksimal, baik dalam aspek akademis maupun karakter mereka.
Leave a Comment