Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026,” yang dipandu oleh Anisa, S.Pd dari MI As’adiyah. Meskipun saya belum sepenuhnya mengimplementasikan konsep yang diajarkan, pelatihan ini memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai bagaimana pembelajaran mendalam dapat diterapkan di kelas.
Salah satu aspek yang paling menarik bagi saya adalah pembelajaran mendalam yang fokus pada pengembangan pemahaman lebih dalam, bukan hanya penghafalan materi. Ini tentu akan memberikan dampak positif pada cara siswa memahami pelajaran dan mengaitkannya dengan kehidupan nyata mereka.
Tantangan yang saya hadapi adalah beragamnya karakter siswa yang ada di kelas. Setiap siswa memiliki cara belajar dan pendekatan yang berbeda, sehingga diperlukan metode yang fleksibel dan kreatif dalam penerapannya. Meskipun demikian, saya sangat berharap bahwa dengan pendekatan ini, siswa akan lebih kreatif dalam mengolah informasi, berpikir kritis, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari.
Saya berharap dapat segera mengimplementasikan materi yang dipelajari dalam diklat ini di kelas, sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan meningkatkan kreativitas siswa. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep pembelajaran ini, saya percaya bahwa siswa dapat berkembang lebih baik dalam menguasai materi dan mengasah keterampilan berpikir mereka.
Leave a Comment