Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang disampaikan oleh Neni Gusnaeni Wijaya dari MTs PUI Kota Bogor. Saat ini, saya sedang mempelajari materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, dengan fokus pada pengembangan keterampilan kolaborasi di dalam kelas.
Pembelajaran kolaboratif adalah salah satu aspek yang sangat menarik bagi saya, karena tidak hanya mengembangkan kemampuan individu siswa, tetapi juga kemampuan bekerja dalam tim. Saya yakin bahwa dengan membangun keterampilan ini, siswa akan lebih mampu berinteraksi, berbagi ide, dan memecahkan masalah secara bersama-sama, yang merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di masa depan.
Tantangan terbesar yang saya hadapi adalah bagaimana merespons dinamika siswa yang berbeda-beda dalam kelompok. Namun, saya berharap dengan pendekatan ini, siswa bisa lebih kreatif dalam belajar, saling menginspirasi, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Harapan saya, dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif, para siswa akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan kreativitas mereka, baik dalam menyelesaikan tugas maupun dalam berpikir kritis.
Secara keseluruhan, diklat ini memberikan banyak manfaat dan memberikan saya pemahaman yang lebih dalam tentang cara membangun suasana belajar yang lebih aktif dan kreatif. Saya sangat berharap dapat segera mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif ini di kelas untuk membantu siswa menjadi lebih kreatif dan siap menghadapi tantangan global.
Leave a Comment