Dalam rangka persiapan implementasi kurikulum baru 2025/2026, Sri Nurwanti, S.Pd., seorang guru dari SMPN 06 Batu, mengikuti Diklat Nasional selama 40 jam pelajaran yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Salah satu topik yang dibahas adalah penerapan Pembelajaran Mendalam dalam kurikulum yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di sekolah.
Sri menyebutkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, ia merasa lebih siap untuk mengintegrasikan konsep Pembelajaran Mendalam ke dalam kelasnya. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman dunia nyata, sehingga siswa tidak hanya menghafal informasi, tetapi juga mampu memahami dan mengaplikasikannya secara mendalam.
Namun, tantangan yang masih dihadapi adalah situasi kelas yang belum sepenuhnya kondusif. Sri mengakui bahwa meskipun Pembelajaran Mendalam memberikan dampak positif pada siswa, kondisi kelas yang seringkali bising atau tidak terorganisir dengan baik dapat mengurangi konsentrasi siswa. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan suasana yang mendukung agar siswa dapat fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Sri juga menekankan bahwa meskipun ada tantangan tersebut, ia yakin Pembelajaran Mendalam dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan berfokus pada pengalaman nyata, siswa dapat lebih mudah memahami materi dan lebih tertarik untuk belajar. Pembelajaran ini mengutamakan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, sehingga mereka tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga partisipan yang aktif dalam pencarian pengetahuan.
Diklat tersebut, menurut Sri, tidak hanya memberikan wawasan baru tentang metode pengajaran, tetapi juga membuka peluang bagi guru untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum yang semakin berfokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan siswa. Ia berharap, dengan dukungan yang tepat, Pembelajaran Mendalam dapat diimplementasikan secara lebih luas dan efektif, menciptakan suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Leave a Comment