Testimoni oleh Ulin Niyawati Sa’adah, S.Pd. – Guru RA Mathali’ul Huda Pasucen Trangkil Pati
Sebagai guru di RA Mathali’ul Huda Pasucen Trangkil Pati, saya merasa sangat bermanfaat mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026”, yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Diklat ini memberikan saya pemahaman baru mengenai penerapan pembelajaran mendalam, khususnya dengan pendekatan Montessori yang lebih interaktif dan berfokus pada pengembangan karakter serta keterampilan siswa.
Saya sudah mulai menerapkan apa yang saya pelajari dari diklat ini di kelas, dan saya menghadapi tantangan seperti anak-anak yang terlihat sangat pasif selama kegiatan pembelajaran. Namun, setelah menerapkan teknik dan metode yang saya dapatkan dari diklat, saya melihat perubahan yang signifikan. Anak-anak mulai terlihat lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, dan suasana kelas menjadi lebih dinamis dan terlibat.
“Pembelajaran mendalam, seperti Montessori, memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan terlibat, membangkitkan rasa ingin tahu dan semangat belajar mereka.”
Dengan penerapan pembelajaran mendalam, saya berharap dapat terus mengoptimalkan teknik yang saya pelajari untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa di RA Mathali’ul Huda Pasucen Trangkil Pati.
Leave a Comment