Testimoni oleh Todi Fayamil, S.Pd. – Guru SMPN 5 Pulau Punjung
Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang dilaksanakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya merasa mendapatkan banyak wawasan baru yang sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran. Sebagai guru di SMPN 5 Pulau Punjung, saya sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, khususnya mengenai strategi pembelajaran yang interaktif dan bagaimana cara mengintegrasikan pembelajaran mendalam di kelas.
Meskipun saya sudah mencoba menerapkan beberapa strategi yang diajarkan selama diklat, saya menyadari bahwa penerapannya belum maksimal. Salah satu tantangan utama yang saya hadapi adalah menciptakan suasana kelas yang kondusif. Banyak faktor, seperti tingkat konsentrasi siswa yang bervariasi, yang membuat pembelajaran interaktif sulit untuk terlaksana dengan baik.
Namun, diklat ini memberikan saya pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya strategi interaktif dalam pembelajaran. Saya semakin menyadari bahwa untuk mencapai pembelajaran yang mendalam, keterlibatan aktif siswa adalah kunci. Meskipun suasana kelas belum sepenuhnya kondusif, saya merasa lebih percaya diri untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif. Teknik-teknik interaktif yang diajarkan dalam diklat ini sangat bermanfaat untuk membuat siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif, tetapi juga peserta aktif dalam proses belajar.
“Pembelajaran yang interaktif memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih terlibat, memahami materi lebih mendalam, dan membangun keterampilan berpikir kritis.”
Ke depan, saya berharap dapat lebih maksimal dalam menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang telah saya pelajari, meskipun tantangan dalam mengelola kelas masih ada. Dengan terus mencoba dan berinovasi, saya yakin bahwa pembelajaran mendalam yang interaktif dapat tercapai, memberikan dampak positif bagi siswa dalam jangka panjang.
Leave a Comment