Sebagai seorang guru, saya selalu berusaha membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Winy Triana, S.Pd.
Diklat ini memberikan wawasan yang sangat luas mengenai deep learning—sebuah pendekatan yang bukan hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga mengutamakan proses berpikir kritis, eksplorasi ide, dan kolaborasi siswa. Semua materi yang diajarkan sangat relevan dengan kebutuhan kelas saya, memberikan banyak inspirasi untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga menyenangkan.
Salah satu hasil yang saya rasakan setelah mengikuti diklat ini adalah perubahan signifikan dalam sikap siswa. Mereka tidak lagi merasa terpaksa belajar, namun menjadi lebih senang belajar. Pendekatan berbasis deep learning membuat mereka lebih aktif berpartisipasi, mengajukan pertanyaan, dan terlibat dalam diskusi yang menarik. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, dengan siswa yang lebih termotivasi untuk terus menggali pengetahuan.
Bagi saya, ini adalah pencapaian yang luar biasa. Diklat ini mengajarkan saya bahwa dengan strategi yang tepat, guru bisa menciptakan pengalaman belajar yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga menyenangkan. Saya merasa lebih percaya diri untuk mengimplementasikan konsep-konsep baru dalam kelas, sehingga siswa dapat belajar dengan penuh semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi.
Leave a Comment