Eviq Reni Melinda, S.Pd., seorang guru di SD Negeri Sumberagung 01, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026, yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Meskipun Eviq belum sepenuhnya menerapkan deep learning dalam pembelajarannya, ia merasa tertantang untuk mengintegrasikan pendekatan ini ke dalam kelas, khususnya untuk anak-anak yang mengalami kesulitan membaca.
Salah satu tantangan besar yang dihadapi Eviq adalah bagaimana menerapkan pembelajaran mendalam kepada anak-anak yang belum bisa membaca dengan lancar. Di kelasnya, terdapat dua siswa yang masih kesulitan dalam membaca, yang tentunya membutuhkan pendekatan yang lebih khusus. Eviq merasa bahwa penerapan deep learning, yang berfokus pada keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam, memerlukan penyesuaian lebih lanjut, terutama bagi siswa yang belum mencapai tingkat kemahiran membaca yang diharapkan.
Meskipun belum menerapkan metode ini secara penuh, Eviq mengakui bahwa pembelajaran mendalam dapat memberikan solusi untuk membantu siswa yang kesulitan belajar, dengan memberikan mereka pengalaman belajar yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ia berharap dapat segera menemukan cara untuk mengintegrasikan konsep deep learning dengan lebih efektif, sehingga setiap siswa, termasuk mereka yang memiliki kesulitan dalam membaca, dapat berkembang sesuai dengan kemampuan mereka.
Eviq masih dalam tahap mempersiapkan diri untuk menerapkan deep learning sepenuhnya dalam kelasnya, dan berharap dapat menemukan cara yang tepat untuk mengatasi tantangan yang ada. Ia berkomitmen untuk terus belajar dan mencari solusi yang dapat membantu semua siswa, terutama yang membutuhkan perhatian khusus dalam perkembangan membaca mereka.
Leave a Comment