Testimoni oleh Anjarwati, S.Pd. – Guru MIS Muhammadiyah 05 Gendongkulon
Alhamdulillah, setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang diselenggarakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya merasa insyaAllah siap menerapkan apa yang telah saya pelajari di kelas yang saya ajar. Diklat ini memberikan saya pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana pembelajaran mendalam dapat mengajak siswa berpikir kritis dalam menghadapi berbagai masalah yang mereka temui, baik dalam pelajaran maupun kehidupan sehari-hari.
Salah satu tantangan yang saya hadapi adalah mengelola kelas dengan gaya belajar yang berbeda pada anak, namun dengan pendekatan pembelajaran mendalam ini, saya belajar bagaimana menyesuaikan metode agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik setiap siswa. Meskipun tantangan ini tetap ada, saya merasa lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang bisa memfasilitasi perbedaan gaya belajar dengan lebih baik.
“Pembelajaran mendalam membantu siswa untuk tidak hanya memahami materi, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka.”
Saya merasa bahwa pembelajaran mendalam sangat luar biasa membantu, terutama dalam membuat murid lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Saya berharap dapat terus mengembangkan dan mempraktikkan pendekatan ini di kelas, agar proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif bagi setiap siswa di MIS Muhammadiyah 05 Gendongkulon.
Leave a Comment