Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang dipandu oleh Irfa Awalia, S.Pd dari MI Nurul Ikhlas. Meskipun saya belum sepenuhnya mengimplementasikan konsep yang diajarkan, pelatihan ini memberikan wawasan yang sangat berharga, terutama terkait dengan evaluasi dalam pembelajaran mendalam.
Salah satu hal penting yang saya pelajari adalah pentingnya mengevaluasi proses belajar, bukan hanya fokus pada hasil akhir saja. Pendekatan ini memungkinkan saya untuk lebih memahami bagaimana siswa berpikir, berproses, dan mengembangkan keterampilan mereka, bukan hanya menilai berdasarkan hasil ujian atau tugas akhir mereka. Dengan mengevaluasi proses, kita dapat memberikan umpan balik yang lebih konstruktif dan mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh.
Namun, saya juga menyadari tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pembelajaran mendalam, salah satunya adalah kurangnya fasilitas pendukung yang memadai di sekolah. Fasilitas yang terbatas dapat menjadi hambatan dalam menerapkan metode ini secara maksimal.
Meskipun demikian, saya merasa semakin siap untuk mencoba menerapkan pembelajaran mendalam di kelas. Pelatihan ini memberi saya pengetahuan baru tentang bagaimana membuat pembelajaran lebih interaktif dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan cara yang lebih mendalam dan aplikatif. Saya berharap bisa segera mengaplikasikan konsep ini dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa saya.
Leave a Comment