Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang dipandu oleh Nurbaiti, S.Pd dari MA Al Mubarok. Pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru tentang bagaimana cara mengintegrasikan deep learning dalam proses pembelajaran dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan keterlibatan siswa.
Saya berencana untuk mencoba menerapkan pembelajaran mendalam atau deep learning saat ada jam pembelajaran di kelas. Salah satu aspek yang paling saya soroti adalah pentingnya evaluasi dalam pembelajaran mendalam, di mana siswa tidak hanya dinilai dari hasil akhir, tetapi juga dari proses berpikir dan pemahaman yang mereka miliki.
Pelatihan ini memberikan saya pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana menciptakan suasana belajar yang membuat siswa lebih semangat dan menikmati proses pembelajaran. Salah satu tantangan terbesar dalam pengajaran adalah bagaimana membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengimprovisasi materi pelajaran. Dengan menerapkan teknik-teknik dari deep learning, saya berharap dapat menciptakan kelas yang lebih dinamis dan menyenangkan, di mana siswa tidak hanya mendengarkan, tetapi juga aktif terlibat dan berpikir kritis.
Saya yakin, dengan penerapan deep learning ini, siswa akan menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam memahami materi pelajaran. Mereka akan lebih terdorong untuk mengembangkan ide-ide mereka dan menerapkannya dalam situasi yang lebih nyata. Pelatihan ini telah memberi saya keyakinan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan bermanfaat bagi siswa di tahun ajaran baru ini.
Leave a Comment