Testimoni oleh Desi Permata Guri, S.Pd – Guru UPT SMPN 5 Pulau Punjung
Sebagai guru di UPT SMPN 5 Pulau Punjung, saya merasa sangat beruntung dapat mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang diselenggarakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Diklat ini memberikan banyak wawasan baru, terutama dalam hal penerapan pembelajaran mendalam dalam kurikulum yang akan datang.
Meskipun saya belum mencoba secara langsung semua topik yang dibahas dalam diklat ini, saya merasa bahwa siswa yang kurang bersemangat dalam belajar menjadi tantangan utama dalam mengimplementasikan konsep pembelajaran mendalam. Salah satu hambatan yang saya temui di kelas adalah bagaimana cara memotivasi siswa untuk lebih terlibat secara aktif dan berpikir secara mendalam, mengingat sebagian besar siswa tampak kurang antusias terhadap materi yang diajarkan.
Diklat ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai bagaimana mengoptimalkan pembelajaran mendalam dengan menyesuaikan strategi yang tepat, terutama untuk meningkatkan keterlibatan siswa yang kurang bersemangat. Meskipun sampai saat ini saya merasa belum berdampak secara langsung pada siswa, saya percaya bahwa dengan waktu dan pemahaman yang lebih baik, pendekatan ini akan memberikan manfaat yang lebih besar.
“Pembelajaran mendalam adalah langkah penting untuk membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar dan lebih terlibat dalam proses pendidikan mereka.”
Saya berharap dapat segera mencoba berbagai teknik dan metode yang telah dipelajari dalam diklat ini, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan membuat siswa merasa lebih terlibat. Dengan pendekatan yang lebih mendalam, saya yakin pembelajaran di kelas saya akan lebih efektif dan berdampak positif bagi perkembangan siswa.
Leave a Comment