Sebagai guru, salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi adalah memperkenalkan kurikulum baru kepada siswa dengan cara yang menarik dan efektif. Untuk itu, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Eko Wahyuni, S.Pd..
Materi diklat ini mengajarkan saya bahwa dalam menghadapi kurikulum baru, kita perlu menyesuaikan strategi pembelajaran agar lebih berfokus pada anak-anak—membangun keterlibatan mereka dalam setiap langkah pembelajaran, dan memberikan mereka ruang untuk berpikir secara kritis dan kreatif. Pembelajaran berbasis deep learning bukan hanya tentang menyampaikan materi, tetapi tentang membantu siswa menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman mereka sehari-hari.
Saya menyadari bahwa kurikulum baru memang membawa tantangan, tetapi dengan pendekatan yang tepat, saya bisa membantu siswa lebih mudah beradaptasi. Di sisi lain, perubahan ini juga memotivasi saya untuk meningkatkan kemampuan saya sebagai guru. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan kontekstual, saya merasa kinerja guru saya semakin baik.
Setelah mengikuti diklat ini, saya merasa lebih siap dan lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan kurikulum baru. Proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, baik bagi saya maupun bagi siswa. Ini membuktikan bahwa dengan pembelajaran yang menyenangkan, hasil yang dicapai akan lebih maksimal.
Diklat ini memberikan saya wawasan baru yang tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga memberi motivasi untuk terus berinovasi dan berkembang. Dengan semangat baru ini, saya optimis dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif, menyenangkan, dan berdampak positif bagi siswa saya.
Leave a Comment