Sebagai seorang guru, saya selalu berusaha untuk menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendalam dan bermakna bagi siswa. Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning,” yang dipandu oleh Euis Fitriani, S.Ag, telah memberikan saya wawasan baru dalam mendesain pengalaman belajar yang dapat menggugah semangat siswa dan memperdalam pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.
Selama mengikuti diklat ini, saya belajar bahwa deep learning bukan hanya tentang memberikan materi secara teori, tetapi tentang bagaimana mengajak siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu konsep yang sangat menarik adalah bagaimana kita sebagai pendidik dapat merancang kegiatan yang mendorong siswa untuk belajar secara mandiri, mencari pemahaman sendiri, dan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Ini adalah pendekatan yang memungkinkan siswa merasakan langsung pentingnya mempelajari sesuatu, bukan hanya untuk memenuhi kewajiban, tetapi untuk kebutuhan pribadi mereka.
Mengimplementasikan deep learning dalam kelas memang membutuhkan persiapan dan kreativitas, karena kita perlu menciptakan suasana pembelajaran yang memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif. Dalam diklat ini, saya mendapatkan banyak inspirasi mengenai cara-cara inovatif untuk merancang aktivitas yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengeluarkan potensi terbaik dari setiap siswa. Salah satunya adalah dengan memberikan proyek berbasis masalah yang melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata, serta menggunakan berbagai metode yang lebih interaktif dan menarik bagi mereka.
Selain itu, diklat ini juga menekankan pentingnya memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban dan pemahaman mereka sendiri, bukan hanya diberi informasi secara langsung. Hal ini memberikan mereka rasa memiliki dalam proses pembelajaran dan membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap hasil belajar mereka. Ketika siswa merasakan langsung dampak dan manfaat dari apa yang mereka pelajari, mereka akan lebih termotivasi untuk terus belajar dan menggali pengetahuan lebih dalam.
Melalui pengalaman belajar ini, saya merasa lebih siap untuk merancang pembelajaran yang bisa menggugah semangat siswa dan memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan serta bermakna. Saya berharap, dengan menerapkan konsep deep learning ini, siswa saya dapat lebih mendalami materi pembelajaran, bukan hanya sekadar menghafal, tetapi benar-benar memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Leave a Comment