Mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Asmawati, S.Pd menjadi pengalaman yang penuh makna dan sarat inspirasi. Selama pelatihan, saya merasa semua topik yang disampaikan sangat berkesan. Setiap materi memberikan wawasan baru tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, mendalam, dan menyenangkan bagi siswa.
Diklat ini mengupas berbagai strategi deep learning yang tidak hanya berfokus pada capaian akademik, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Saya menyadari bahwa pembelajaran yang menyenangkan dapat menjadi jembatan bagi siswa untuk lebih memahami materi, sekaligus mendorong mereka untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar.
Meskipun saya belum sepenuhnya menguasai materi dalam penerapannya, pelatihan ini telah memberikan gambaran yang jelas tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan. Saya memahami bahwa perubahan metode mengajar memerlukan waktu, latihan, dan penyesuaian, baik dari sisi guru maupun siswa. Tantangan ini justru memotivasi saya untuk terus belajar dan mencoba hingga strategi ini dapat diterapkan dengan optimal di kelas.
Salah satu hal yang paling saya apresiasi dari diklat ini adalah keterkaitannya dengan situasi nyata di lapangan. Contoh-contoh yang diberikan sangat relevan, mulai dari penerapan metode diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, hingga penggunaan media kreatif yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa. Semua itu membuat saya yakin bahwa strategi deep learning bisa diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di sekolah saya.
Ke depannya, saya ingin menerapkan strategi ini dalam proses pembelajaran secara bertahap. Saya berencana memulai dengan mengintegrasikan beberapa metode interaktif dalam mata pelajaran yang saya ampu, mengajak siswa untuk lebih banyak berdiskusi, dan memberikan tugas yang mendorong mereka berpikir secara mendalam. Saya percaya bahwa dengan langkah kecil yang konsisten, perubahan positif akan terlihat di kelas.
Bagi saya, diklat ini bukan sekadar pelatihan, tetapi titik awal untuk melakukan transformasi pembelajaran. Wawasan, inspirasi, dan strategi yang saya peroleh akan menjadi bekal penting dalam perjalanan saya sebagai pendidik. Saya optimis, dengan penerapan yang tepat, pembelajaran di kelas akan menjadi lebih hidup, bermakna, dan mampu mengembangkan potensi siswa secara maksimal.
Leave a Comment