Nama saya Yunike Marlina, S.Pd., Gr, seorang guru di SD Negeri 1 Palapa. Pendidikan adalah panggilan jiwa saya, dan sebagai pendidik, saya selalu berusaha untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan agar dapat memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa saya. Salah satu langkah yang saya ambil untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memperdalam pemahaman saya tentang deep learning.
Ketertarikan saya terhadap deep learning muncul saat saya menyadari potensi besar teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar. Saya ingin mengintegrasikan pendekatan ini dalam pengajaran saya untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif. Dengan mengikuti beberapa pelatihan dan seminar tentang deep learning, saya merasa sangat antusias dan gembira.
Pengalaman belajar saya selama pelatihan sangat mengubah pola pikir saya. Sebelumnya, saya berfokus pada cara-cara tradisional dalam mengajar, tetapi melalui pelatihan ini, saya belajar bahwa pendidikan adalah proses yang dinamis dan terus bertumbuh. Saya diajarkan untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mengatasi tantangan yang dihadapi di dalam kelas. Konsep deep learning membantu saya untuk memahami bagaimana cara mendalami materi pelajaran dengan lebih baik dan bagaimana cara siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.
Salah satu momen paling berkesan bagi saya adalah saat kami dibagi dalam kelompok untuk mendiskusikan aplikasi praktis dari deep learning. Melalui kolaborasi dengan rekan-rekan guru lainnya, saya mendapatkan banyak ide baru yang bisa saya terapkan di kelas. Kami saling berbagi pengalaman, tantangan, dan solusi yang dapat membantu kami dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.
Sejak kembali ke kelas, saya mulai menerapkan berbagai strategi baru yang saya pelajari. Saya merasakan perubahan positif, baik pada diri saya maupun pada siswa. Siswa-siswa saya tampak lebih aktif, bersemangat, dan terlibat dalam proses belajar. Saya melihat bagaimana metode yang saya terapkan berhasil merangsang rasa ingin tahu mereka dan mendorong mereka untuk berpikir kritis.
Melalui perjalanan ini, saya menyadari bahwa pendidikan adalah tentang pertumbuhan—bagi guru maupun siswa. Dengan terus belajar dan beradaptasi, saya percaya bahwa saya dapat menjadi guru yang lebih baik dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi generasi mendatang. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan dan dukungan dalam perjalanan pembelajaran ini.
Leave a Comment