Mengikuti kegiatan Studio Bahan Ajar menjadi salah satu pengalaman yang berkesan bagi Lita Netifa, S.Th., guru dari SDN Kendangsari 1/276. Dengan penuh semangat, ia menyambut kesempatan ini sebagai jalan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kapasitas diri. Antusiasme itu langsung terbangun sejak awal, terutama karena materi yang disampaikan oleh para narasumber disajikan secara jelas dan aplikatif. “Pemateri yang mengajar sangat berpengalaman dan ramah,” ungkap Lita. Ia juga menambahkan bahwa penjelasan yang diberikan sangat mudah dipahami berkat pendekatan yang komunikatif dan contoh-contoh nyata yang relevan.
Tak hanya belajar dari pemateri, kegiatan ini juga membuka ruang interaksi antar peserta. Lita merasakan bahwa suasana kolaboratif sangat mendukung proses pemahaman materi. Ia pun aktif dalam berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan peserta lainnya. “Kami berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta membantu satu sama lain dalam memahami materi yang diajarkan,” tuturnya.
Pasca kegiatan, Lita mengaku merasakan manfaat yang nyata. Ia tak hanya mendapatkan wawasan baru, tetapi juga keterampilan praktis yang menunjang perannya sebagai pendidik. Motivasi dirinya pun meningkat karena melihat langsung bagaimana kegiatan ini dapat memperkaya metode pembelajaran di kelas. “Saya merasa sangat puas dan termotivasi,” katanya.
Lita mencatat beberapa poin penting yang menjadi manfaat dari kegiatan ini. Di antaranya adalah meningkatnya kemampuan berpikir kreatif dan inovatif, keterampilan dalam kerja sama tim, serta cara mengelola waktu dan tantangan secara efektif. Studio bahan ajar juga menekankan pentingnya mencatat materi, membuat rencana belajar, dan mencari sumber referensi tambahan agar pemahaman menjadi lebih mendalam.
Tantangan dalam proses pembelajaran tentu tidak luput dari perhatiannya. Menurutnya, kurangnya waktu dan motivasi, hingga kesulitan memahami materi, menjadi hal yang harus dihadapi oleh peserta. Namun, Lita yakin bahwa dengan strategi yang tepat, semua hambatan tersebut bisa diatasi, termasuk dengan menciptakan jadwal belajar yang realistis serta membangun komunikasi yang baik oleh para mentor maupun dengan sesama peserta.
Tak kalah penting, Lita turut menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan suasana yang menyenangkan dan interaktif. “Kegiatan ini sangat membantu saya dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan saya,” pungkasnya.
Melalui pengalaman ini, Lita ingin membagikan insight-nya bahwa belajar adalah proses tiada henti, dan melalui forum seperti Studio Bahan Ajar juga, pendidik memiliki ruang yang efektif untuk terus berkembang secara profesional maupun personal.
Author: Anna N. Pranoto
Leave a Comment