Sebagai seorang guru, saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi siswa saya dalam proses belajar mengajar. Namun, saya merasa bahwa tantangan terbesar adalah menciptakan suasana pembelajaran yang benar-benar mengundang perhatian siswa dan mendorong mereka untuk lebih serius dalam belajar. Itulah sebabnya saya merasa sangat beruntung mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning,” yang dipandu oleh H. Abdul Kohar, S.Pd.I., M.M.
Materi yang disampaikan sangat menarik, terutama tentang konsep dasar deep learning yang lebih mendalam. Pelatihan ini mengajarkan saya bagaimana cara merancang pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menggali pemahaman siswa secara lebih mendalam. Dalam konsep deep learning, pendekatan yang saya terapkan bukan hanya fokus pada hasil akhir, tetapi pada proses yang melibatkan siswa secara aktif, mengajak mereka untuk berpikir kritis, dan memahami konsep dengan cara yang lebih relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari.
Salah satu hal yang saya pelajari dalam pelatihan ini adalah pentingnya menciptakan suasana pendekatan yang mendalam dalam setiap sesi pembelajaran. Saya diajarkan untuk tidak hanya memberikan teori, tetapi juga untuk memfasilitasi siswa dalam proses eksplorasi pengetahuan melalui kegiatan-kegiatan yang memicu rasa ingin tahu mereka. Dengan metode ini, saya bisa melihat bahwa perhatian siswa terhadap materi pelajaran meningkat pesat. Mereka menjadi lebih serius dalam mengikuti pembelajaran dan lebih aktif dalam berdiskusi.
Namun, menciptakan suasana tersebut tentu saja bukan tanpa tantangan. Saya harus mencari cara untuk menghubungkan setiap materi dengan pengalaman nyata siswa dan memberi mereka kesempatan untuk terlibat dalam pembelajaran secara langsung. Tetapi, dengan bantuan prinsip-prinsip deep learning yang diajarkan dalam pelatihan ini, saya berhasil merancang pembelajaran yang lebih berfokus pada proses dan pemahaman yang lebih mendalam, bukan sekadar hafalan.
Sejak menerapkan prinsip-prinsip deep learning yang saya pelajari, saya menyadari bahwa perhatian siswa terhadap pembelajaran semakin serius. Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga berpartisipasi secara aktif. Ini adalah pencapaian yang luar biasa, karena saya tahu bahwa dengan memberi mereka ruang untuk berpikir dan bertanya, saya sudah mengajak mereka untuk menjadi pembelajar sejati.
Terima kasih kepada H. Abdul Kohar, S.Pd.I., M.M. atas pelatihan yang luar biasa ini. Saya berharap bisa terus mengembangkan pendekatan deep learning ini dalam setiap sesi pembelajaran yang saya lakukan. Saya yakin, dengan menerapkannya, saya bisa membantu siswa menjadi lebih serius dan antusias dalam belajar.
Leave a Comment