Eka Nur Annisa, seorang guru dari Universitas Nusantara PGRI Kediri, berbagi pengalaman dan wawasan yang diperolehnya setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026 pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Dalam diklat ini, Eka mempelajari berbagai strategi pembelajaran mendalam yang mengutamakan keterlibatan aktif siswa dan penggunaan teknologi dalam pendidikan.
Selama mengikuti diklat, Eka mulai mengintegrasikan materi dan strategi yang dipelajari langsung ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah penerapan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk bekerja secara kolaboratif dan menghasilkan produk nyata. Dengan cara ini, Eka merasakan peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Selain itu, Eka juga menerapkan pendekatan diferensiasi, menyesuaikan metode dan materi ajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Strategi ini terbukti efektif dalam membantu siswa belajar dengan cara yang lebih sesuai dengan karakteristik masing-masing.
Namun, seperti yang diungkapkan Eka, tantangan terbesar yang dihadapinya adalah keterbatasan waktu dan sarana pendukung di kelas. Beberapa strategi yang diperoleh dari diklat memerlukan persiapan lebih matang dan alat bantu yang belum sepenuhnya tersedia di sekolah. Selain itu, tidak semua siswa mudah beradaptasi dengan metode pembelajaran baru, terutama yang melibatkan kerja sama atau penggunaan teknologi. Meskipun demikian, Eka mencoba mengatasi hal tersebut dengan membuat penyesuaian secara bertahap dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara kreatif, sehingga siswa tetap bisa mendapatkan manfaat dari pendekatan baru ini.
Setelah mengikuti diklat ini, Eka merasakan perubahan signifikan dalam cara merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan efektif, dengan fokus yang lebih besar pada pembelajaran aktif dan penggunaan teknologi pendukung. Eka merasa lebih percaya diri dalam menggunakan metode-metode baru ini, yang kini menjadi bagian penting dari pendekatan pengajaran sehari-hari. Ia berharap dapat terus mengembangkan keterampilan ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar mereka.
Ask ChatGPT
Leave a Comment