Proses pendidikan yang berfokus pada pengembangan peserta didik secara menyeluruh semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan Indonesia. Salah satu pendekatan yang semakin banyak diterapkan adalah pembelajaran mendalam atau deep learning, yang memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan bermakna. Aprilita, S.Pd.,Gr., seorang guru di SD Fluency Kids Kota Pagar Alam, berbagi pengalamannya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026 yang diadakan pada 29 Juli – 1 Agustus 2025.
Menurut Aprilita, meskipun sebelumnya ia sudah mulai menerapkan pendekatan deep learning dalam kegiatan mengajarnya, diklat ini memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Pembelajaran yang dimaksud oleh deep learning tidak hanya terbatas pada kegiatan seperti ice breaking atau tepuk-tepuk tangan, melainkan pada pengalaman belajar yang membuat siswa benar-benar siap dan bersemangat mengikuti setiap tahapan pembelajaran dari awal hingga akhir. Konsep ini menggugah pemahamannya bahwa pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa terlibat aktif, bukan sekadar hiburan semata.
Salah satu materi yang paling berkesan bagi Aprilita adalah pemahaman bahwa pembelajaran mendalam tidak hanya berfokus pada aktivitas yang menghibur, namun lebih kepada bagaimana menciptakan pengalaman belajar yang berarti dan membuat siswa terus berpartisipasi. Hal ini menjadi penting dalam menciptakan suasana yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap pemahaman materi yang diajarkan.
Meskipun diklat ini berlangsung pada malam hari, yang sempat menjadi tantangan bagi Aprilita dalam hal menjaga kesegaran dan kondisi tubuh, ia merasa tidak ada tantangan berarti dalam mengikuti kegiatan ini. Justru, setelah mengikuti diklat, perubahan terbesar yang dirasakannya adalah pemikiran yang lebih terbuka mengenai pentingnya melibatkan peserta didik secara penuh dalam proses pembelajaran. Ini membuka perspektif baru dalam dirinya tentang bagaimana mengutamakan keterlibatan siswa dalam setiap aspek pembelajaran.
Aprilita berharap dapat terus mengembangkan pembelajaran yang lebih aktif dan menyeluruh dengan penerapan deep learning, menciptakan lingkungan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendalam dan bermakna bagi peserta didiknya.
Leave a Comment