Sebagai seorang guru di MTs Daruth Tholibin, saya selalu mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan memberikan dampak yang lebih besar bagi siswa. Untuk itu, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang diadakan pada 29 Juli – 1 Agustus 2025. Diklat ini memberi saya banyak wawasan tentang bagaimana merancang pembelajaran yang lebih mendalam dan efektif untuk siswa.
Salah satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana menerapkan pembelajaran mendalam melalui tanya jawab yang tidak hanya membahas jawaban, tetapi juga menggali pemahaman lebih dalam dari siswa. Salah satu cara yang saya rencanakan adalah dengan mewakili pertanyaan dari siswa dan menanggapi dengan penjelasan yang lebih dalam, bukan hanya menjawab secara langsung. Saya yakin ini akan mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis dan terlibat lebih aktif dalam proses belajar.
Namun, saya juga menghadapi tantangan dengan siswa yang kurang aktif dan bersemangat saat belajar. Beberapa siswa cenderung pasif dan kurang tertarik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan besar dalam menerapkan pembelajaran mendalam, yang membutuhkan keterlibatan aktif dari siswa.
Meskipun saya baru akan menerapkan pendekatan ini dalam pembelajaran saya besok, saya merasa optimis bahwa dengan menggunakan metode ini, saya bisa meningkatkan keterlibatan siswa dan membuat mereka lebih antusias dalam belajar. Diklat ini memberi saya banyak inspirasi dan teknik yang akan saya coba secara langsung di kelas untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan bermakna.
Leave a Comment