Sebagai seorang guru di POS PAUD ASMAWIYAH, saya selalu berusaha untuk menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya efektif, tetapi juga dapat mengatasi tantangan yang ada di kelas. Salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi adalah cara mengatasi anak yang sulit diam di kelas. Untuk itu, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang diadakan pada 29 Juli – 1 Agustus 2025. Diklat ini memberi banyak wawasan tentang bagaimana mengelola kelas dengan lebih efektif dan menyenangkan.
Dalam diklat ini, saya mempelajari banyak hal tentang pembelajaran mendalam, yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga mengarahkan saya untuk lebih memahami cara mengelola siswa yang aktif dan penuh energi. Salah satu topik yang saya temui adalah mengatasi anak yang aktif saat kegiatan berlangsung, yaitu dengan menciptakan aktivitas yang melibatkan mereka secara positif dan menyalurkan energi mereka dalam kegiatan yang produktif.
Meskipun saya belum sepenuhnya menerapkan konsep-konsep yang dipelajari di diklat, saya merasa mudah mengimplementasikan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sesuai kebutuhan siswa saya. Saya mulai lebih fleksibel dalam merancang kegiatan yang bisa melibatkan mereka secara aktif tanpa membuat suasana kelas menjadi kacau. Pendekatan ini membantu saya lebih paham cara mengatasi tantangan di kelas dan memberikan ruang bagi setiap siswa untuk belajar dengan cara mereka sendiri.
Diklat ini memberi saya banyak pemahaman baru yang langsung saya aplikasikan. Saya yakin dengan melibatkan siswa secara aktif dan memberikan tantangan yang sesuai dengan energi mereka, saya bisa menciptakan kelas yang lebih dinamis, menyenangkan, dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Leave a Comment