Sebagai guru, saya selalu mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu langkah yang saya ambil untuk mencapai hal ini adalah dengan mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Hana Ata Endi, S.Pd., Gr.
Salah satu materi yang paling menarik bagi saya adalah strategi integrasi pembelajaran mendalam dalam kurikulum. Pembelajaran mendalam tidak hanya mengajarkan siswa untuk menghafal, tetapi juga untuk memahami konsep secara lebih kritis dan aplikatif. Strategi ini membantu siswa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata dan mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih tinggi.
Namun, saya menyadari bahwa masih banyak siswa/siswi yang belum memahami materi tersebut. Pembelajaran mendalam membutuhkan waktu untuk diterapkan dan pemahaman yang lebih dalam dari siswa. Terkadang, mereka membutuhkan pendekatan yang lebih spesifik agar bisa mengaitkan materi dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya.
Meskipun ada tantangan ini, saya senang sekali dengan kegiatan tersebut dan sangat ingin melaksanakan strategi ini dalam kegiatan belajar mengajar. Saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk mengintegrasikan pembelajaran mendalam dalam kelas saya. Saya percaya bahwa dengan penerapan yang tepat, pembelajaran mendalam akan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa, baik dalam aspek akademik maupun keterampilan hidup mereka.
Diklat ini memberikan saya wawasan baru tentang bagaimana merancang pembelajaran yang lebih bermakna dan memotivasi siswa untuk berpikir lebih kritis dan kreatif. Saya siap untuk terus mencoba dan mengembangkan strategi ini di kelas agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Leave a Comment