Rina Qurniati, M.Pd., seorang guru di MAN 1 Pringsewu, baru-baru ini mengikuti Diklat Nasional 40JP “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Sebagai seorang pendidik yang telah lama berkecimpung di dunia pendidikan, Rina merasa bahwa tantangan terbesar dalam mengajar adalah menumbuhkan semangat belajar siswa yang konsisten, agar mereka tidak hanya sekadar hadir di kelas, tetapi benar-benar terlibat aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
“Setelah mengikuti diklat ini, saya merasa lebih mampu merancang pembelajaran yang bervariasi dan bisa membangkitkan minat siswa. Meskipun saya sudah sering mencoba menumbuhkan semangat di kelas, saya merasa pembelajaran mendalam (deep learning) yang saya pelajari membuat saya lebih terarah,” ungkap Rina.
Sebagai guru, Rina selalu berusaha agar pembelajaran yang ia lakukan tidak hanya berkutat pada teori, tetapi juga pada pemikiran kritis yang mengajak siswa untuk berpikir lebih jauh tentang apa yang mereka pelajari. Dalam sesi diklat, ia memperoleh teknik baru untuk merancang aktivitas yang membuat siswa lebih aktif, mulai dari diskusi kelompok hingga kegiatan praktikum yang lebih aplikatif.
Menurut Rina, salah satu keuntungan dari pembelajaran mendalam adalah kemampuannya untuk memotivasi siswa, tidak hanya dalam memahami materi pelajaran, tetapi juga dalam menghubungkannya dengan kehidupan nyata. Ia berpendapat bahwa ketika siswa merasakan relevansi antara pelajaran dan kehidupan mereka, maka semangat mereka dalam belajar akan tumbuh secara alami.
“Pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan tidak hanya meningkatkan semangat siswa, tetapi juga membuat mereka lebih terlibat dalam diskusi dan aktivitas kelompok. Ini membuka kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis,” tambah Rina.
Setelah mengikuti diklat, Rina merasa lebih percaya diri dalam merancang pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Ia berharap dapat terus mengembangkan metode ini di kelas agar siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kemampuan berpikir kritis yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka.
Dengan semangat baru yang ia dapatkan dari diklat ini, Rina bertekad untuk membawa perubahan yang positif dalam aktivitas belajar di kelas dan menjadikannya lebih menyenangkan dan penuh makna.
Leave a Comment