Alfin Hidayah, S.Ag., seorang guru di MA Sunan Santri Babat Lamongan, baru-baru ini mengikuti Diklat Nasional 40JP “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang berlangsung pada 29 Juli – 1 Agustus 2025. Selama diklat ini, Alfin memperoleh wawasan baru mengenai bagaimana mengintegrasikan pembelajaran mendalam (deep learning) dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Namun, seperti banyak guru lainnya, Alfin juga menghadapi tantangan dalam mengajar. Salah satu tantangan terbesar yang ia hadapi adalah siswa yang tidak mau mendengarkan nasihat guru, sebuah hal yang seringkali menghambat efektivitas pembelajaran. Ia mengungkapkan, “Tantangannya adalah bagaimana agar siswa mau mendengarkan dan terlibat aktif dalam pembelajaran, terutama ketika mereka tampaknya tidak tertarik atau malas.”
Meskipun tantangan ini cukup berat, setelah mengikuti diklat nasional tersebut, Alfin merasa lebih terbantu dalam menghadapi masalah ini. Pembelajaran mendalam yang diajarkan dalam diklat memberikan strategi dan pendekatan baru yang lebih berpusat pada siswa. Dengan memahami lebih dalam tentang bagaimana cara membangkitkan minat dan keterlibatan siswa, Alfin merasa lebih siap untuk menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan dinamis.
“Setelah mengikuti diklat ini, saya merasa lebih paham tentang bagaimana melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Saya kini lebih percaya diri dalam menggunakan teknik-teknik yang membuat siswa lebih terlibat dan merasa bahwa apa yang mereka pelajari itu penting dan berguna dalam kehidupan mereka,” ujar Alfin.
Melalui pendekatan pembelajaran mendalam, Alfin kini dapat merancang kegiatan yang tidak hanya fokus pada pemberian informasi, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi di antara siswa. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memahami materi secara mendalam, bukan sekadar menghafalnya.
Dengan bekal pengetahuan baru yang diperoleh dari diklat, Alfin bertekad untuk menerapkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik agar siswa lebih aktif mendengarkan dan terlibat dalam proses pembelajaran. Ia yakin, meskipun tantangan masih ada, dengan pendekatan yang tepat, siswa dapat lebih mudah diajak untuk berpartisipasi dan merasakan manfaat dari apa yang mereka pelajari.
Leave a Comment