Sebagai seorang guru, saya percaya bahwa setiap kesempatan untuk belajar adalah peluang untuk berkembang. Itulah mengapa saya mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Apip Firmansyah, S.Pd.
Selama mengikuti diklat ini, saya mendapatkan banyak wawasan baru tentang bagaimana merancang pembelajaran yang lebih bermakna. Materi yang disampaikan bukan hanya teori, tetapi juga strategi praktis yang bisa langsung diterapkan di kelas. Mulai dari merancang kegiatan berbasis proyek, membuat pembelajaran lebih kontekstual, hingga menciptakan suasana yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif—semuanya terasa relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini.
Pengalaman belajar ini membuat saya semakin menyadari pentingnya peran guru sebagai fasilitator, bukan sekadar penyampai materi. Deep learning mengajarkan bahwa pembelajaran yang efektif harus memberi ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi, menemukan, dan merefleksikan pengetahuan mereka. Dengan pendekatan ini, proses belajar menjadi lebih hidup dan berkesan, baik bagi siswa maupun bagi saya sendiri sebagai pendidik.
Satu kata yang bisa menggambarkan pengalaman saya adalah: mantap. Diklat ini bukan hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memotivasi saya untuk terus berinovasi dalam mengajar. Saya merasa lebih percaya diri untuk mencoba metode baru, lebih terbuka terhadap teknologi, dan lebih peka terhadap kebutuhan belajar siswa.
Bagi saya, ini adalah bukti bahwa guru juga perlu terus belajar untuk bisa menginspirasi. Dengan semangat baru yang saya dapatkan dari diklat ini, saya siap menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, efektif, dan berdampak positif bagi perkembangan siswa.
Leave a Comment