Sebagai pendidik, saya selalu mencari cara untuk membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) menjadi lebih hidup dan bermakna. Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” bersama Dwi Ishariwanto, S.Sos menjadi salah satu langkah penting yang memberikan banyak inspirasi baru bagi saya.
Selama pelatihan, semua materi terasa sangat menarik dan memberi pencerahan. Setiap topik yang dibahas membuka wawasan saya tentang bagaimana merancang pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada proses berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas siswa. Pelatihan ini membantu saya melihat bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) bukanlah metode yang rumit, tetapi sebuah pendekatan yang dapat disesuaikan dengan kondisi kelas dan kebutuhan peserta didik.
Meski begitu, saya menghadapi tantangan dalam mengadaptasi pembelajaran ke teknologi sederhana, karena belum banyak referensi yang sesuai dengan keterbatasan fasilitas yang ada. Tantangan ini membuat saya lebih kreatif dalam mencari solusi, seperti memanfaatkan media pembelajaran manual yang dikombinasikan dengan teknologi sederhana yang tersedia.
Dampak dari diklat ini langsung terasa di kelas. Saya dan siswa dapat menjalani pembelajaran dengan lebih enjoi, tanpa mengurangi kualitas materi yang diajarkan. Suasana kelas menjadi lebih santai namun tetap produktif, dan siswa terlihat lebih antusias untuk mengikuti kegiatan belajar.
Bagi saya, pengalaman ini adalah bukti bahwa pembelajaran menyenangkan bisa diwujudkan meski ada keterbatasan. Kuncinya adalah fleksibilitas guru dalam beradaptasi, kreativitas dalam menggunakan media yang ada, dan kemauan untuk terus berinovasi.
Diklat ini tidak hanya memperluas pengetahuan saya, tetapi juga memotivasi saya untuk terus menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, relevan, dan bermakna bagi setiap siswa. Dengan pendekatan yang tepat, saya yakin KBM akan menjadi pengalaman yang dinantikan, bukan dihindari, oleh peserta didik.
Leave a Comment