Mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Strategi Efektif Merancang Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Deep Learning” memberikan pengalaman berharga bagi saya, Nurbiah Achmad, S.Pd., dalam memperkaya strategi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman. Di era modern ini, pembelajaran mendalam (deep learning) menjadi kunci untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis, memahami konsep secara menyeluruh, dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata.
Materi yang disampaikan selama pelatihan menekankan pentingnya mengemas pembelajaran agar tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga inspiratif. Saya menyadari bahwa menyesuaikan materi pembelajaran mendalam agar dapat dipahami siswa dengan hambatan kognitif dan komunikasi merupakan tantangan tersendiri. Setiap siswa memiliki karakteristik, kemampuan, dan cara memahami informasi yang berbeda. Oleh karena itu, guru perlu merancang pendekatan yang adaptif, memanfaatkan metode, media, dan strategi yang dapat menjangkau seluruh siswa secara merata.
Salah satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana menghubungkan materi dengan kebutuhan dan dunia nyata siswa. Contohnya, saat membahas topik sains atau sosial, saya mencoba menggunakan peristiwa aktual, pengalaman lokal, atau kegiatan sehari-hari siswa sebagai jembatan untuk memahami konsep. Pendekatan ini ternyata mampu meningkatkan relevansi materi, sehingga siswa merasa pembelajaran bukan hanya kewajiban sekolah, tetapi sesuatu yang dekat dengan kehidupan mereka.
Hasilnya cukup nyata: siswa menjadi lebih fokus dan tertarik mengikuti pelajaran. Mereka lebih banyak bertanya, memberi pendapat, dan bahkan berinisiatif mencari informasi tambahan di luar kelas. Keterlibatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran mendalam bukan hanya membuat siswa mengerti, tetapi juga mendorong mereka untuk terus belajar secara mandiri.
Pelatihan ini juga membuka pandangan saya bahwa pembelajaran yang menyenangkan tidak berarti sekadar permainan atau hiburan, tetapi sebuah proses yang terstruktur dengan baik, interaktif, dan memberikan ruang eksplorasi. Deep learning mengajarkan bahwa pembelajaran harus memicu rasa ingin tahu, memberi tantangan yang sesuai, serta mendorong siswa berpikir kreatif dalam mencari solusi.
Saya merasa pengalaman ini sangat berharga untuk diterapkan secara berkelanjutan di kelas. Dengan strategi yang tepat, hambatan komunikasi dan kognitif bukanlah penghalang mutlak, tetapi tantangan yang dapat diatasi demi tercapainya pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa di era modern.
Leave a Comment