Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang disampaikan oleh Umayah, S.Pd.SD dari SDN Tingkir Tengah 01. Saya berharap bisa segera menerapkan pembelajaran yang bermakna untuk siswa, dengan fokus pada deep learning.
Selama diklat ini, saya belajar banyak mengenai cara menghadapai siswa dengan karakteristik yang sangat beragam. Ini menjadi tantangan tersendiri dalam menciptakan pembelajaran yang inklusif dan dapat mengakomodasi setiap kebutuhan siswa. Meskipun tantangan ini ada, saya merasa semakin memahami bagaimana merancang proses belajar mengajar (PBM) yang baik, yang tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga memperhatikan perbedaan karakter siswa agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.
Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep deep learning, saya optimis bisa menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan membuat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran.
Leave a Comment