Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang disampaikan oleh Muhammad Reyzal Almujahid, S.Pd.I. dari SMPN 1 Kalikajar. Meskipun saya belum sepenuhnya mengimplementasikan pembelajaran mendalam (deep learning) dalam pengajaran saya, pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru yang sangat bermanfaat.
Selama diklat, saya mempelajari konsep-konsep dasar mengenai pembelajaran mendalam, yang berfokus pada cara siswa memahami dan mengaitkan pengetahuan mereka dengan pengalaman kehidupan nyata. Konsep ini tidak hanya melibatkan penguasaan materi, tetapi juga pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada siswa. Hal ini memberikan perspektif baru dalam cara mengajar, yang lebih berfokus pada pemahaman mendalam daripada sekadar penguasaan informasi.
Namun, saya juga menghadapi tantangan terkait dengan jaringan yang kurang stabil, yang membuat saya kesulitan untuk mengikuti beberapa sesi secara langsung. Meskipun demikian, saya tetap bisa mengikuti pelatihan melalui rekaman dan merasa bahwa materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan saat ini, terutama dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Saya merasa sangat antusias untuk menerapkan konsep-konsep yang dipelajari, meskipun belum bisa melaksanakannya secara maksimal. Saya berharap bisa segera mengimplementasikan pembelajaran mendalam ini di kelas, karena saya yakin hal ini akan membuat pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan membantu mereka untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep ini, saya merasa lebih siap untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermanfaat bagi siswa saya.
2/2
Ask ChatGPT
Leave a Comment