Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026,” yang disampaikan oleh Sunawati, S.Pd.I dari MTs Al-Furqon. Saya sudah mencoba menerapkan materi yang saya pelajari dalam pembelajaran mendalam, khususnya mengenai cara mengembangkan aktivitas yang lebih interaktif dan aplikatif bagi siswa.
Salah satu tantangan utama yang saya hadapi adalah banyak siswa yang masih kesulitan dalam menulis dengan benar. Ini tentu mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyampaikan ide dan memahami materi secara maksimal. Namun, melalui diklat ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana cara mengatasi kesulitan ini, dengan menyesuaikan strategi pembelajaran agar dapat membantu siswa yang menghadapi hambatan dalam belajar.
Saya merasa lebih siap untuk terus mengembangkan pendekatan yang dapat membantu siswa yang kurang mampu dalam belajar. Dengan materi yang lebih mendalam dan strategi yang lebih terfokus, saya yakin dapat menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif, yang tidak hanya memperhatikan kemampuan akademis, tetapi juga perkembangan keterampilan dasar siswa.
Leave a Comment