Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang disampaikan oleh Ririn Pustiyowati, S.Pd dari SD Negeri Sedahkidul Purwosari. Meskipun saya masih dalam proses menunggu surat keputusan dari dinas pendidikan, pelatihan ini telah memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai strategi penerapan deep learning di kelas.
Salah satu tantangan utama yang saya hadapi adalah beberapa siswa yang masih kesulitan dalam membaca dan menulis, yang tentu saja mempengaruhi keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Namun, melalui diklat ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut, dengan menyesuaikan pendekatan pembelajaran agar lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua siswa.
Saya merasa lebih siap untuk mengimplementasikan deep learning setelah mengetahui berbagai teknik yang dapat mendukung proses pembelajaran, serta bagaimana menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Dengan strategi ini, saya berharap siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan mengatasi hambatan yang mereka hadapi.
Saya yakin, setelah mendapat persetujuan resmi, saya akan segera mencoba menerapkan materi yang telah dipelajari dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa saya.
Leave a Comment