Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang disampaikan oleh Azchar Prianka Piawan Putra, S.Pt, M.Sc. dari Universitas Papua. Meskipun saya belum mengimplementasikan konsep yang diajarkan, pelatihan ini memberikan wawasan yang sangat berharga yang akan saya coba terapkan dalam strategi pembelajaran di kelas.
Salah satu topik yang sangat menarik perhatian saya adalah tentang bagaimana kita sebagai guru dapat menghadapi berbagai macam perilaku siswa yang berbeda. Setiap siswa memiliki karakteristik dan perilaku yang unik, sehingga sangat penting untuk kita beradaptasi dengan cepat dan tepat agar strategi yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini membutuhkan penyesuaian yang lebih lanjut, agar materi yang telah dipelajari selama diklat bisa diterapkan dengan efektif.
Pelatihan ini telah membuka wawasan saya mengenai berbagai strategi yang dapat membantu dalam mengelola beragam perilaku siswa, serta cara membuat pembelajaran lebih mendalam dan bermakna. Saya berharap, dengan pemahaman yang lebih baik tentang strategi ini, saya dapat menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif, di mana setiap siswa dapat belajar dengan cara yang sesuai dengan kepribadian dan gaya belajar mereka.
Saya sangat antusias untuk mencoba menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran saya dan membantu siswa untuk lebih terlibat dalam proses belajar.
Leave a Comment