Pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025, saya mengikuti Diklat Nasional 40JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang dipandu oleh Linda Komalasari, S.Pd dari SDN Cijurey II. Pelatihan ini memberikan banyak wawasan baru, terutama mengenai strategi deep learning yang saya terapkan di kelas untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.
Salah satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana mengembangkan materi atau strategi yang melibatkan aktivitas aktif peserta didik. Dengan cara ini, siswa dapat lebih terlibat dalam proses belajar dan benar-benar memahami konsep yang diajarkan. Aktivitas ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga lebih aplikatif dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Namun, tantangan terbesar yang saya hadapi adalah membawa peserta didik ke alam bebas dalam jumlah besar untuk membuat pembelajaran lebih kontekstual. Aktivitas di luar kelas membutuhkan persiapan matang dan kerjasama yang baik dengan teman sejawat agar pembelajaran dapat berjalan lancar dan efektif. Meskipun demikian, saya merasa sangat terbantu dengan materi yang diberikan, dan saya semakin memahami bagaimana strategi deep learning dapat diterapkan dalam mengelola kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas.
Secara keseluruhan, diklat ini memberikan pengetahuan yang sangat berharga, dan saya merasa lebih siap untuk mengaplikasikan pembelajaran mendalam dengan cara yang lebih kontekstual dan menyenangkan bagi siswa saya.
Leave a Comment