Sebagai seorang guru di MTs AT-TAQWA Kresnowidodo, saya selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam hal penerapan strategi pembelajaran yang efektif. Salah satu kesempatan berharga yang saya ikuti adalah Diklat Nasional 40 JP dengan tema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026” yang berlangsung dari 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Program ini memberikan wawasan baru yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Sebelumnya, saya telah mencoba berbagai strategi untuk menghadapi anak didik di kelas, namun masih merasa ada yang kurang dalam proses pembelajaran. Dengan mengikuti diklat ini, saya mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya integrasi pembelajaran mendalam dalam kurikulum, serta bagaimana cara mengimplementasikannya secara efektif.
Pembelajaran mendalam yang diajarkan dalam diklat ini memberi fokus pada bagaimana siswa tidak hanya belajar untuk menghafal, tetapi juga memahami dan mengaplikasikan konsep yang mereka pelajari dalam kehidupan nyata. Ini adalah strategi yang sangat relevan, terutama di masa depan yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang baik.
Salah satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana mendesain pembelajaran yang tidak hanya menyentuh aspek kognitif siswa, tetapi juga melibatkan emosi dan motivasi mereka untuk belajar lebih dalam. Strategi ini memberikan dampak yang signifikan dalam menghadapi anak didik dengan berbagai karakteristik. Saya merasa lebih siap untuk menyusun rencana pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka tidak hanya dapat menyelesaikan materi dengan baik, tetapi juga dapat merasakan manfaat nyata dari pembelajaran tersebut.
Diklat ini memberi saya perspektif baru tentang bagaimana menyesuaikan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam, yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di kelas. Saya merasa semakin percaya diri untuk mengimplementasikan berbagai teknik dan pendekatan yang telah saya pelajari, sehingga diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan siswa saya.
Ke depannya, saya berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dan menerapkan prinsip-prinsip yang telah saya pelajari dalam diklat ini, agar pembelajaran di kelas semakin efektif dan berdampak positif bagi anak didik saya. [FAH]
Leave a Comment