Testimoni oleh Mutawali, SE – Guru MTs Al Khaeriyah Macute Mancak
Sebagai guru di MTs Al Khaeriyah Macute Mancak, saya merasa sangat terbantu dengan mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026”, yang diadakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Diklat ini memberikan banyak wawasan mengenai bagaimana menerapkan pembelajaran mendalam dengan lebih efektif, khususnya dalam hal memperhatikan kemampuan siswa di dalam kelas.
Saya sudah mulai menerapkan pendekatan ini dengan memperhatikan kemampuan siswa yang heterogen. Salah satu tantangan yang saya hadapi adalah kemampuan siswa yang berbeda-beda, sehingga saya merasa perlu untuk menyesuaikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Selain itu, diskusi dan tanya jawab di kelas menjadi sangat penting untuk memastikan siswa terlibat aktif dan dapat memahami materi secara lebih mendalam.
Dengan penerapan pembelajaran mendalam ini, saya merasa siswa lebih antusias dan terbuka untuk berdiskusi. Pembelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif, yang memotivasi mereka untuk berpikir kritis dan lebih terlibat dalam proses belajar.
“Dengan memperhatikan kemampuan siswa dan menerapkan pembelajaran mendalam, proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan berdampak positif pada antusiasme siswa.”
Ke depan, saya berharap dapat terus menyesuaikan metode dan media pembelajaran agar dapat mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa di kelas, menjadikan pembelajaran lebih inklusif, menyenangkan, dan efektif bagi semua siswa.
Ask ChatGPT
Leave a Comment