Testimoni oleh Supariono, S.Pd – Guru MI Darul Mubarok
Sebagai guru di MI Darul Mubarok, saya merasa sangat terbantu setelah mengikuti Diklat Nasional 40JP bertema “Integrasi Pembelajaran Mendalam dalam Kurikulum di Tahun Ajaran Baru 2025/2026”, yang diselenggarakan pada 29 Juli hingga 1 Agustus 2025. Diklat ini memberikan wawasan yang sangat bermanfaat tentang penerapan deep learning dalam pembelajaran, khususnya dalam menghadapi tantangan heterogenitas siswa dalam penerimaan materi.
Saya sudah mulai mencoba menerapkan beberapa konsep deep learning yang saya pelajari, terutama dalam cara mengelola kelas yang heterogen. Salah satu tantangan terbesar yang saya hadapi adalah perbedaan kemampuan siswa dalam menerima dan memahami materi yang saya ajarkan. Diklat ini memberi saya lebih banyak pemahaman tentang bagaimana mengatasi perbedaan tersebut, dengan menyesuaikan metode pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan setiap siswa, baik yang cepat memahami maupun yang membutuhkan lebih banyak waktu.
“Dengan penerapan deep learning, saya dapat lebih memahami cara untuk menyesuaikan pembelajaran agar bisa lebih efektif untuk semua siswa, terlepas dari perbedaan kemampuan mereka.”
Saya berharap dapat lebih memaksimalkan penerapan deep learning di kelas, agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih menyeluruh dan memastikan semua siswa, dengan latar belakang yang berbeda-beda, bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif.
Leave a Comment