
Banjarmasin, 4 Agustus 2025 — Perubahan di dunia pendidikan mendorong para pendidik untuk terus menggali dan menerapkan pendekatan baru demi menciptakan proses belajar yang lebih menarik dan efektif. Salah satu terobosan tersebut hadir dalam bentuk Webinar Praktik Baik 32JP bertema “Solusi Mudah & Inovatif: Mendesain Media Pembelajaran yang Menyenangkan berbasis Deep Learning dan AI.”
Alinah, seorang guru dari Universitas Lambung Mangkurat, menjadi bagian dari ratusan peserta webinar yang mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Dalam testimoninya, ia menyebutkan bahwa motivasinya mengikuti webinar ini sederhana namun mendasar: untuk menambah ilmu.
“Saya ikut karena ingin menambah ilmu. Sebagai pendidik, kita harus terus belajar agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ungkap Alinah singkat namun tegas.
Webinar ini, menurut Alinah, memberikan pengalaman belajar yang sangat baik. Dengan materi yang relevan dan disampaikan oleh narasumber kompeten, ia merasa mendapat banyak pengetahuan baru, khususnya terkait penerapan teknologi dalam pembelajaran.
“Webinarnya sangat baik. Saya merasa banyak hal yang sebelumnya tidak saya pahami kini jadi lebih jelas,” ujarnya.
Lebih dari sekadar teori, hal yang paling ia apresiasi adalah bahwa materi yang didapatkan bisa langsung diaplikasikan dalam praktik. Alinah sudah mulai mencoba menerapkan ilmu dari webinar tersebut dalam aktivitas mengajarnya, baik dalam bentuk media pembelajaran digital maupun strategi penyampaian yang lebih interaktif.
“Ilmu yang saya dapat tidak hanya bermanfaat, tapi juga bisa langsung saya praktikkan dalam mengajar,” tambahnya.
Dengan pengalaman ini, Alinah merasa semakin termotivasi untuk terus belajar dan terbuka terhadap pendekatan baru, khususnya yang melibatkan pemanfaatan deep learning dan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan.
Webinar ini menurutnya bukan hanya menambah wawasan, tetapi juga mendorong lahirnya inovasi dalam kegiatan belajar mengajar di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di perguruan tinggi tempatnya mengabdi.
Leave a Comment