
Sukomulyo, 4 Agustus 2025 — Di era digital seperti sekarang, guru dituntut untuk terus berinovasi agar proses pembelajaran tidak hanya efektif tetapi juga menarik bagi peserta didik. Menjawab tantangan tersebut, Webinar Praktik Baik 32JP bertajuk “Solusi Mudah & Inovatif: Mendesain Media Pembelajaran yang Menyenangkan berbasis Deep Learning dan AI” sukses diselenggarakan sebagai wadah pembelajaran guru dari berbagai jenjang dan daerah.
Wiji Astutik, S.Pd.SD., guru di SD Negeri Sukomulyo, adalah salah satu peserta yang mengaku sangat terbantu dengan adanya webinar ini. Ia mengikuti kegiatan tersebut karena ingin lebih memahami teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang kini mulai diterapkan dalam dunia pendidikan.
“Saya ingin lebih tahu tentang AI, karena itu sangat penting dalam mengembangkan media pembelajaran digital,” ujarnya.
Menurutnya, materi yang diberikan selama webinar sangat relevan dan mudah dipahami. Ia merasa terbantu, terutama dalam memahami bagaimana AI dan deep learning dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
“Proses pembelajaran jadi lebih menyenangkan setelah saya memahami cara memanfaatkan AI dalam membuat media ajar,” tambahnya.
Bagi Wiji, pengalaman mengikuti webinar ini tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga memberikan semangat baru untuk terus berkembang di era digital. Ia merasa kegiatan ini sangat penting karena memberikan bekal nyata dalam menghadapi tuntutan kurikulum dan perkembangan zaman.
“Kegiatan ini benar-benar menambah ilmu saya tentang digitalisasi. Saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk berkembang sebagai guru di era sekarang,” jelasnya.
Webinar ini juga membuka cakrawala baru bagi Wiji tentang pentingnya transformasi digital dalam pendidikan, dan mendorongnya untuk tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga pembelajar yang aktif.
“Saya harap kegiatan seperti ini terus dilakukan, agar guru-guru di berbagai pelosok bisa mendapat kesempatan belajar dan berkembang,” tutupnya dengan penuh semangat.
Leave a Comment